-->
Waryanto

Tulisan Singkat Menghasilkan Uang dengan Membuat Aplikasi Android

Tulisan Singkat Menghasilkan Uang dengan Membuat Aplikasi Android
Waktu sekolah dulu saya pernah dengar orang yang mengatakan kalo gak punya ijazah susah nyari kerja. Tapi sekarang ketika perkembangan teknologi semakin pesat perkataan tersebut mulai tidak berlaku untuk beberapa profesi tertentu, tapi disini kita bicara bidang teknologi, lain cerita kalo mau jadi dokter harus cekolah duyu, karena bahaya kalo doktel otodidak, hehehe.

Kebanyakan perusahaan yang bergelut dibidang IT saat ini dalam ngehire karyawan bukan ijazah yang diutamakan, tapi kemampuan dalam bidang tertentu. Misalnya kemampuan membuat aplikasi mobile berbasis android. Bagi kita yang tidak memiliki kesempatan mengenyam pendidikan tidak perlu khawatir dan berkecil hati, karena dengan menguasai salah satu jenis pemrograman saja seperti android sudah bisa dijadikan amunisi untuk melamar pekerjaan atau menghasilkan uang sendiri tanpa bekerja di sebuah perusahaan sekalipun.

Untuk melamar pekerjaan tentunya sudah pada tahu, tapi sebagian orang mungkin masih ada yang belum mengetahui cara menghasilkan uang sendiri dengan membuat aplikasi android.

Kalo penjelasan secara singkatnya sih kaya tabel di bawah:


Berikut langkah-langkah detailnya:

1. Pelajari dulu mulai dari dasar-dasar pemrograman android dan cara membuat aplikasi android sederhana sampai yang kompleks. Kita bisa mencarinya di google, sudah banyak orang-orang baik yang membagikannya. Atau kita bisa langsung ke web androidnya langsung: http://developer.android.com/training/index.html
Perlu di ingat di dalam mempelajari pemrograman tidak instan, perlu kesabaran.

2. Setelah berhasil membuat aplikasi android, bisa langsung mendistribusikannya lewat playstore, tapi harus membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu senilai $25. Bisa di cek disini: http://developer.android.com/distribute/googleplay/start.html

Bagi yang tidak memiliki kartu kredit, dapat menggunakan fasilitas VCN dari bank BNI, bisa di cek di situs ini: http://www.iskael.com/2015/01/pengalaman-mendaftar-google-play.html

nb: Oh iya model bisnisnya atau dapat duitnya itu ada dua cara, yang pertama aplikasinya berbayar, jadi setiap ada orang yang download harus bayar. Untuk model bisnis yang kedua aplikasi gratis, jadi ketika ada orang yang mau download tidak perlu membayar, tapi ketika kita membuat aplikasinya diselipin iklan seperti admob. Contohnya kaya iklan yang di flappy bird itu lho, yang konon katanya penghasilannya tembus ratusan juta per hari, 600jt ya kalo ga salah?

3. Tinggal berdoa dan ikhtiar supaya banyak yang download dan menggunakan aplikasi buatan kita (buat aplikasi yang bermanfaat atau menyenangkan).

4. Semoga kita bisa ketemu di kantor pos ya, pas agan nyairin hasil dari iklan di aplikasi androidnya, hehe.

Yang terpenting sih poin yang nomor satu harus dikuasain dulu, poin lainnya bisa menyusul.

Jadi buat yang tidak memiliki kesempatan mengenyam bangku sekolah atau kuliah mulai sekarang jangan berkecil hati. Ini baru satu kesempatan untuk meraih masa depan, masih banyak kesempatan lainnya, tidak hanya membuat aplikasi android saja.

Ini dulu yang bisa saya share, meskipun pada kenyataannya tidak semudah tulisan ini dalam membuat aplikasi android dan supaya banyak yang menggunakannya, semuanya kembali ke diri kita masing-masing.

Mungkin ada yang mau menambahkan atau mengkoreksi tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar di bawah.
Waryanto
Load comments