-->
Waryanto

Perintah Pada MySQL Menggunakan Command Prompt Part 3

Perintah Pada MySQL Menggunakan Command Prompt Part 3
Perintah Pada MySQL Menggunakan Command Prompt berikut ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya, jika anda menyelesaikan tutorial tersebut anda dapat melanjutkan tutorial yang ada pada artikel ini. Tapi jika anda belum mempraktekan tutorial sebelumnya, saya sarankan anda mencobanya terlebih dahulu dengan mengunjungi url berikut yaitu perintah dasar mysql menggunakan cmd part 2. Jika anda tetap ingin membaca postingan yang ini, monggo disimak tulisan saya ini karena disini andalah rajanya, hehe.

1. Sekarang kita akan mencoba menampilkan data tertentu dari tbl_siswa yang ada di database sekolah, kode berikut ini akan menampilkan nama dan alamat dari tbl_siswa:

select nama, alamat from tbl_siswa;


Seperti itulah hasilnya karena kita hanya menuliskan nama dan alamat setelah perintah select.

2. Menampilkan data berdasarkan data tertentu dan dengan syarat tertentu. Misalnya kita ingin menampilkan siswa yang alamatnya hanya dari bandung dan umurnya di atas 17 tahun. Tapi sebelunya kita insert satu buah data dulu, agar terlihat perbedaannya, ketikkan perintah:

insert into tbl_siswa(Nama, alamat, Umur)value('Asep', 'Bandung', '19');
insert into tbl_siswa(Nama, alamat, Umur)value('Didi', 'Bandung', '17');

Kemudian setelah berhasil di insert ketikkan perintah berikut ini untuk melihat data siswa yang beralamat dari bandung dan umurnya di atas 17 tahun:

SELECT * FROM tbl_siswa WHERE alamat='Bandung' AND umur>17;


Jika berhasil akan menampilkan data siswa yang berasal dari bandung hanya ujang dan asep, didi tidak tampil karena umur dia 17 tahun.

3. Mengurutkan data pada database mysql, ada dua cara yaitu dengan perintah asc(dari data terkecil ke data terbesar) dan desc(dari data terbesar ke terkecil). Pada kasus ini kita akan mengurutkan dari yang terbesar ke yang terkecil, berikut perintahnya.

SELECT * FROM tbl_siswa ORDER BY umur DESC;


4. Menampilkan data berdasarkan mulai dari baris ke berapa dan berapa baris, pada contoh berikut kita akan menampilkan data yang dimulai dari baris ke 2, dan hanya 3 baris, berikut perintahnya tapi sebelumnya mari kita inputkan satu baris data siswa lagi hal ini hanya sebagai patokan saja agar di dalam tabel terdapat empat baris:

insert into tbl_siswa(Nama, alamat, Umur)value('Ahmad', 'Tasik', '18');

dan ketikkan perintah berikut: 
 
select * from tbl_siswa limit 1, 3;

dan berikut tampilannya:


Yang tampil adalah baris ke 2, 3, 4. karena berdasarkan perintah limit 1, 3. Mungkin timbul pertanyaan kenapa diawali dengan dua karena kita menuliskan angka 1, sebab index pada baris MySQL dimulai dari 0, jika anda masih belum faham apa yang saya jelaskan dapat mencoba perintah berikut dan lihat hasilnya pasti anda faham:

select * from tbl_siswa limit 2, 2;

Sampai disini saja dulu tutorial mengenai query pada MySQL menggunakan cmd nanti saya lanjutkan, jika terdapat kekeliruan mohon maaf dan silahkan beritahu saya. Semoga bermanfaat. Berikut tutorial lanjutannya.
Waryanto
Load comments