-->
Waryanto

Membuat Aplikasi Paint Android Tanpa Coding

Membuat Aplikasi Paint Android Tanpa Coding
 
Berikut ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat aplikasi paint android tanpa coding, dan sedikit gambaran apabila anda berhasil membuatnya anda dapat:
1. Memilih tiga warna untuk kuas yaitu warna merah, biru dan hijau
2. Menggambar garis di layar sesuai warna yang dipilih sebelumnya
3. Membuat titik dengan cara mengklik layar
4. Menghapus coretan yang anda buat dengan menekan tombol hapus

Sebelum melangkah terlalu jauh jika anda masih baru dalam membuat aplikasi dengan AppInventor saya sarankan anda menyelesaikan tutorial membuat aplikasi android sederhana terlebih dahulu. Agar nantinya ada gambaran yang sedikit memberikan pemahaman dasar mengenai aplikasi yang satu ini. Tapi bagi anda yang ingin mencoba membuat aplikasi paint tidak masalah jika sudah memahami apa itu AppInventor.


Tadi sedikit gambaran mengenai aplikasi yang akan kita buat dan sedikit saran, hehe. Langsung saja pada langkah yang awal:
Siapkan AppInventor disini saya menggunakan AI Live Complete, saya asumsikan anda sudah memahami cara seting AppInventor, jika belum silahkan menuju kesini. Jika AppInventor sudah siap langsung menuju My Projects>New kemudian isikan kolom dengan PaintPot.

1. Membuat tombol
Pada langkah ini anda cukup mendrag Button ke Screen1 kemudian rubah pada bagian BackgroundColor menjadi Red. Jangan lupa untuk merubah bagian Text menjadi Red juga di bagian Components menjadi ButtonRed. Untuk dua tombol lagi anda melakukan hal yang sama yaitu menggantinya menjadi Blue dan Green begitu juga bagian Components menjadi ButtonBlue dan ButtonGreen, dan letakkan secara vertikal, berikut gambaranya agar lebih jelas:
Sekarang anda sudah memiliki tiga tombol, lalu di bagian Screen Arrangement drag HorizontalArrangement ke bawah tiga tombol yang kita buat tadi. Rubah HorizontalArrangement menjadi ThreeButtons. Setelah itu drag satu persatu mulai dari button Red, Blue, Green ke dalam ThreeButtons sehingga bentuknya menjadi seperti ini:
2. Membuat Canvas dan Tombol Wipe
Pada bagian Palette>Basic drag Canvas ke dalam componen ThreeButtons ubah namanya menjadi DrawingCanvas. Seting Width menjadi Fill Parent dan Height 300 pixels. Setelah itu gunakan gambar kucing sebagai background dari canvas dapat diambil disini, atau menggunakan gambar yang anda inginkan. Dengan cara pada bagian Properties>BackgroundImage dan klik none kemudian upload gambar kucing tadi. Kemudian drag Button ke bagian bawah dari Canvas dan ubah namanya menjadi Wipe pada bagian Components menjadi ButtonWipe. Berikut tampilan yang jika anda berhasil pada step ini:

Pada langkah ini kita telah berhasil membuat tampilan dari aplikasi paint android sederhana. Untuk bagian selanjutnya mari kita menuju ke langkah berikutnya.
Waryanto
Load comments