-->
Waryanto

Instal wordpress di localhost menggunakan xampp

Instal wordpress di localhost menggunakan xampp
 cara menginstal wordpress di kompuer dengan xampp
Instal wordpress di localhost menggunakan xampp akan coba saya share, untuk menginstal wordpress di komputer yang diperlukan adalah:
1. XAMPP atau sejenisnya, berikut cara instalasinya.
2. Wordpress itu sendiri, dapat di ambil disini

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
1. Untuk menginstallnya kita hanya perlu mengunduh file wordpress, berikut ini adalah tampilan dari situs wordpress.org:

instal wordpress di komputer dengan xampp

2. Jika sudah selesai kemudian letakkan zip file nya di C:\xampp\htdocs, kemudian extract:


3. Langkah selanjutnya adalah menjalankan service Apache dan MySQL yang berada di XAMPP(disini saya menggunakan XAMPP Version: 1.8.1):

instal wordpress menggunakan xampp di pc

4. Kemudian buka browser kesayangan anda, disini saya menggunakan Mozilla lalu masukkan url berikut ini http://localhost/wordpress/ kemudian enter dan akan muncul tampilan seperti berikut ini:


5. Jika sudah muncul tampilan seperti gambar di atas, maka kita sudah berhasil untuk menuju proses selanjutnya untuk menginstal wordpress di localhost, kemudian anda tinggal mengklik tombol Create a Configuration File, kemudian akan muncul instruksi apa yang anda butuhkan, yang penting disini adalah nama database, kemudian klik tombol Let's go!:

instal wordpress dengan xampp di localhost

6. Kemudian isikan nama database, disini saya mengisikan nama database dengan wordpress_db, atau anda bisa mengisinya dengan nama lain. Untuk username diisi dengan root, untuk password di kosongkan saja, jangan menekan tombol submit dulu mari kita buat databasenya dengan nama wordpress_db:

cara menginstal wordpress di pc dengan xampp

7. Untuk membuat database agar anda dapat menginstal wordpress di localhost berjalan dengan lancar buka phpmyadmin dengan masuk melalui url berikut ini http://localhost/phpmyadmin/, kemudian tekan tab Databases, isi kolom di bagian Create database dengan wordpress_db kemudian tekan tombol Create:


8. Jika berhasil disebelah kiri akan muncul nama database wordpress_db, kemudian kita kembali ke langkah 6 yaitu menekan tombol submit dan akan tampil seperti gambar berikut kemudian tekan tombol Run The Install:

cara instal wordpress di komputer dengan xampp
9. kemudian isi Site Title sesuai yang anda inginkan, jangan lupa juga username dan password untuk masuk ke dashboard wordpress anda nanti, disini saya menggunakan username dan password yaitu admin, juga email anda tidak boleh kosong setelah itu klik tombol Install Wordpress:

cara instal wordpress di localhost xampp  

10. Setelah berhasil anda tinggal menekan tombol Login, dan isikan username dan password yang anda isikan tadi, username dan password saya buat adalah admin, dan berikut adalah tampilan dashboard jika anda berhasil telah berhasil menginstal wordpress dengan xampp:

cara menginstal wordpress dengan xampp di localhost

Selesai sudah cara menginstal wordpress di komputer, untuk masuk kembali masuk ke dashboard anda tinggal memasukkan url http://localhost/wordpress/wp-admin dan untuk melihat tampilan blognya tingggl memasukkan url http://localhost/wordpress.

Jika ingin melihat video lengkapnya dapat menuju ke sini.
Waryanto
Load comments